Friday, August 19, 2016

Wisata Kuliner Khas Jogja Yang Terkenal

Siapa sih yang tidak suka makan? yah minimal perlu. Jadi wajar jika ketika datang ke tempat baru atau kota lain, kita menyempatkan untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut, apalagi jika daerahnya memang terkenal dengan aneka kuliner seperti Jogja.

Ya, Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar juga menyiman pesona lain berupa beraneka macam kuliner khas yang sayang jika dilewatkan. Setidaknya harus mencoba sekali seumur hidup agar tahu bagaimana rasanya. Nah, mau tahu kuliner khas apa saja yang wajib dicicipi saat berada di Yogyakarta?!

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
 
Gudeg adalah jenis makanan yang berbahan utama nangka muda. Biasanya disantap sebagai pendamping nasi. Untuk membuat nangka muda yang dimasak lebih gurih, maka ditambahkanlah aneka bumbu. Ada salah satu warung di Jogja yang menjual gudeg, letaknya di Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Gudeg disini sudah terkenal cita rasanya yang nikmat dan lezat sehingga tak heran jika sebelum warung ini buka pada jam 10 malam, sudah banyak pembeli yang menunggu.

Bakpia
Siapa yang tidak tahu dengan kue kecil yang gurih ini? Bakpia seringkali dijadikan cemilan saat santai. Pada mulanya, Bakpia hanya berisi kacang ijo, namun sekarang sudah mengalami inovasi dengan munculnya berbagai varian isi seperti coklat, durian ,keju dan lainnya. Kue berbentuk bundar berwarna putih ini, bisa dengan mudah dijumpai di kota Jogja. Cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa bertahan selama beberapa hari.

Sate Klatak
Sepintas, Sate Klatak tidak jauh berbeda dengan sate yang sering kita jumpai. Namun, ketika dilihat secara seksama ada yang membedakan yaitu tusuk satenya. Sate Klatak menggunakan jeruji roda sepeda sabagai tusuk sate. Ini tentu sangat unik. Untuk bahannya, Sate Klatak menggunakan daging kambing yang dipadukan dengan bumbu dan garam sehingga rasanya nikmat.

Nasi Pecel

Nasi putih yang dipadukan dengan aneka sayur seperti tauge, kangkung, bayam, kacang panjang kemudian diberi kuah kacang yang kental benar-benar menggugah selera. Untuk lebih nikmat, nasi pecel bisa ditambahkan dengan kerupuk atau peyek. Salah satu penjual nasi pecel yang terkenal adalah warung Bu Wiryo, letaknya berada disekitar kawasan dekat UGM.

Apabila belum puas menikmati aneka kuliner yang ada di Jogja, tinggallah lebih lama disini. Anda bisa menginap selama beberapa hari agar bisa mencicipi kuliner khas lainnya. Tidak sulit untuk mencari penginapan di Jogja, cukup kunjungi situs traveloka.com untuk mendapatkan info lengkap seputar hotel yang ada di Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment