Friday, October 14, 2016

5 Tips Memilih Aki Motor Yang Baik Dan Tepat

Aki Motor


Tips dan Cara  Memilih Aki Motor Yang Baik Dan Tepat Saat aki motor rusak atau sudah mulai soak, tentu akan sangat mengganggu sebagian fungsi komponen pada sepeda motor. Jika ternyata anda harus mengganti aki motor dengan membeli yang baru, pastikan untuk memilih aki motor yang baik dan tepat agar fungsi motor yang anda miliki bisa berjalan dengan lancar dan awet. 

Ada 2 jenis aki motor yang banyak beredar di pasaran, yaitu aki kering dan aki basah. Dari kedua jenis ini, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor yang dipakai. 
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan aki motor yang tepat sesuai sepeda motor?

1. Pilih Aki Motor Yang Sesuai Dengan Sepeda Motor Anda
Jika memang tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai aki motor, anda bisa meminta informasi kepada montir atau penjual aki motor tentang aki apa yang cocok dengan sepeda motor yang anda pakai. Sebelum memutuskan menggunakan aki motor dari pabrik, tanyakan terlebih dahulu kepada montir apakah aki motor tersebut bisa cocok digunakan atau tidak.

2. Periksa Kode Tanggal Produksi dari Aki Motor Yang Ingin Anda Beli
Agar terhindar dari salah memilih aki motor yang rusak, maka lakukan pemeriksaan kode tanggal produksi. Biasanya aki motor bisa bertahan hanya selama 6 bulan sejak pertama kali diproduksi.

3. Ketahui Ukuran Voltage Dari Aki Setiap Motor dan Merk Itu Berbeda
Selain kode tanggal, ukuran voltage pada aki motor juga perlu untuk diketahui sebelum aki benar-benar dipasang pada sepeda motor. Saat pemasangan, aki motor harus berada pada angka minimal yaitu 12,6 dan maksimal 12,8.

4. Cek Ketinggian Elektrolit
Supaya aki motor tidak cepat rusak, lakukan pengecekkan ketinggian elektrolit pada air aki motor. Ketinggian elektrolit harus ada pada garis tengah antara minimal dan maksimal. Hal ini perlu dilakukan agar aki motor tidak kehabisan air elektrolit.

5. Periksa Angka CCA
Angka CCA merupakan Cold Cranking Ampere. Untuk bisa melakukan pemeriksaan angka CCA pada aki motor perlu menggunakan battery tester. Ini berfungsi untuk mengetahui apakah aki motor ada power untuk start atau tidak.

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih aki motor yang baik dan tepat, anda tinggal lakukan survei harga. Diantara harga aki basah dan harga aki kering motor , mungkin terdapat perbedaan. Pilih aki motor yang berkualitas agar aki motor yang digunakan bisa awet dan tahan lama.

0 comments:

Post a Comment