Tuesday, October 2, 2018

Tips Membuat Rumah Minimalis Terasa Luas


Rumah Minimalis

Rumah merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk tinggal bersama dengan keluarga. Saat membangun rumah, terdapat banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari konsep, desain, pemilihan furniture hingga mempertimbangkan ukuran suatu rumah. Salah satunya yaitu konsep rumah yang minimalis. Rumah dengan ukuran yang standard namun cenderung kecil ini banyak dibangun di daerah perkotaan. Daerah perkotaan memiliki lahan yang sedikit. Sedangkan tarif per meter suatu lahan bisa sangat mahal. Sehingga tak sedikit orang membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Bagi Anda yang memiliki tempat tinggal dengan ukuran kecil, terdapat banyak cara agar rumah minimalis terasa luas.

Konsep rumah minimalis agar terasa luas bisa diterapkan bagi Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup banyak. Misalnya, dalam satu tempat tinggal dihuni empat hingga lima orang. Tentu membutuhkan teknik khusus agar rumah minimalis Anda terasa maksimalis. Anda bisa mempraktekkan beberapa tips dibawah ini supaya memaksimalkan bagian-bagian rumah minimalis Anda agar terasa luas.

1.    Rak Sepatu Bawah Tangga
Spot bawah tangga merupakan salah satu tempat yang paling jarang untuk diperhatikan. Bahkan spot yang satu ini sering terabaikan dan tidak terawat. Padahal, spot bawah tangga merupakan spot yang bisa Anda gunakan secara maksimal. Bagi Anda yang memiliki hunian yang berukuran minimalis, konsep rak sepatu bawah tangga bisa menjadi salah satu tips yang sangat bermanfaat. Dengan jumlah anggota keluarga yang cukup banyak tentu memiliki banyak sekali sepatu. Misalnya saja, dalam satu rumah satu orang memiliki setidaknya tiga pasang sepatu yang digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Tentu akan membutuhkan ruang yang cukup banyak untuk meletakkan sepatu-sepatu tersebut. Melihat sepatu yang berserakan di tempat tinggal Anda tentu merasa risih. Rumah akan terasa kurang bersih dan bisa memberikan rasa kurang nyaman karena sepatu-sepatu yang berserakan.

Konsep rak sepatu bawah tangga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki hunian minimalis dan tidak memiliki cukup ruang untuk meletakkan sepatu. Konsep rak sepatu bawah tangga bisa Anda terapkan dengan berbagai macam desain. Anda bisa menggunakan desain rak sepatu berupa cabinet atau lemari khusus sepatu yang diletakkan dibawah tangga. Selain itu, Anda juga bisa mendesain rak sepatu bertingkat dibawah tangga. Konsep ini akan membuat rumah Anda terasa lebih elegan, rapid an lebih menarik.

2.    Kabinet Bawah Tangga
Masih menggunakan spot bawah tangga untuk membuat rumah minimalis terasa lebih luas. Spot bawah tangga menjadi salah satu spot yang paling jarang tersentuh. Sehingga untuk membuat rumah Anda semakin luas, Anda harus memanfaatkan ruangan-ruangan yang ada di rumah Anda. Konsep desain rumah dengan cabinet bawah tangga bisa membuat rumah Anda lebih berbeda. Bagi Anda yang merasa bosan dengan tatanan ruangan yang seperti itu saja, Anda bisa memaksimalkan spot bawah tangga Anda untuk membuat cabinet bawah tangga.

Kabinet bawah tangga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Cabinet yang berupa lemari bisa digunakan untuk meletakkan perabotan rumah Anda. Selain itu, bagi Anda yang memiliki koleksi buku-buku bacaan cukup banyak, Anda bisa menggunakan cabinet yang ada di bawah tangga untuk meletakkan buku-buku terseut. Bahkan cabinet bawah tangga bisa digunakan untuk memajang aneka piala dan penghargaan yang Anda miliki. Anda bisa mendesain cabinet bawah tangga menggunakan kaca bening yang tebal. Sehingga piala dan penghargaan Anda tidak mudah rusak.

3.    Dinding Berwarna Cerah
Selain menggunakan ide-ide desain unik yaitu cabinet dan rak sepatu bawah tangga, tips untuk membuat rumah minimalis agar terasa lebih luas yaitu dengan memilih warna cat pada dinding rumah Anda. Pemilihan warna cat ternyata membantu rumah atau ruangan yang kecil terasa lebih luas. Hunian dengan pemilihan warna-warna cerah seperti warna putih, biru muda, hingga warna-warna pastel yang lembut bisa memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Agar ruangan lebih terasa luas dan warna-warna cerah tersebut terpantul dengan maksimal, Anda bisa menggunakan lampu dengan warna putih. Lampu berwarna terang akan memberikan efek yang bagus dan lebih cerah pada dinding ruangan. Sebaliknya penggunaan warna-warna cat yang gelap akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Hal ini disebabkan oleh cahaya yang tidak terpantul dengan baik. Sehingga rumah akan terlihat lebih suram.

-          Meletakkan Cermin di Dinding
Konsep rumah minimalis bisa terasa lebih maksimal dengan cara meletakkan cermin pada dinding rumah Anda. Hal ini bisa Anda lihat pada beberapa toko perbelanjaan seperti toko baju yang meletakkan cermin di dinding-dinding toko. Konsep ini bisa Anda tiru untuk membuat rumah Anda terlihat lebih luas. Dinding yang ditempeli kaca akan memantulkan cahaya lampu serta ruangan sekitar sehingga ruangan terkesan lebih besar. Anda bisa melihat berbagai macam tips desain rumah minimalis di www.rumah.com.

0 comments:

Post a Comment